Jakarta, CNN Indonesia — Merawat mobil tidak melulu perkara mahal dan ribet, kadang perawatan optimal bisa datang dari hal-hal kecil misalnya memilih peralatanyang tepat. Salah satu yang bisa jadi tidak terpikirkan pemilik mobil saat merawat kendaraan yaitu menggunakan kain lap yang tepat.

Menurut Andy Hartono, Sales & Marketing Director Global Auto Internasional, sebagai distributor produk perawatan mobil System X Ceramic Protection, kain lap terbaik buat bodi mobil jenisnya microfiber.

Kain microfiber dikatakan punya serat yang sangat halus, sehingga mampu mengurangi dampak gesekan dengan bodi mobil saat sedang digunakan. Kain seperti ini juga disebut cocok untuk mobil yang sudah kena perawatan coating atau teknik melapisi bodi mobil dengan lapisan pelindung.

“Kalau (lap) biasa berpotensi baret. Karena lap itu banyak jenis. Ada kasar dan halus. Karena microfiber tidak mengakibatkan baret,” kata Andi ketika ditemui di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, belum lama ini.

Lap microfiber sendiri saat ini sudah banyak ditemui di supermarket atau toko online. Harganya bervariasi mulai dari Rp15 ribu hingga puluhan ribu rupiah tergantung kualitas.

Andi mengatakan lap jenis ini juga aman digunakan saat kondisi mobil kering maupun basah.

“Jadi kita bisa gunakan lap ini dua keadaan, saat basah (mencuci) atau kering,” ucap dia.

Catatan lain soal menggunakan lap untuk perawatan mobil, yakni disarankan menggunakan lap berbeda pada bagian atas dan bawah. Maksudnya, bagian atas mobil yang bisa menggunakan lap sama yaitu di daerah bodi, kaca, dan atap.

Sementara bagian bawah, seperti area bumper, fender, ban, dan pelek, disarankan menggunakan lap yang sama, namun berbeda dari lap buat mengelap bagian atas.

Bila menggunakan lap yang sama untuk atas dan bawah, ada kemungkinan kotoran seperti kerikil, debu, atau pasir yang berasal dari area ban tertinggal menempel di lap dan bisa menggores bodi mobil. (ryh/fea)